Gagal Nyaleg H. Nono Siap Maju Pilkada Sumenep 2024 

Gagal Nyaleg H. Nono Siap Maju Pilkada Sumenep 2024 
Foto: Foto H. Suhartono. SH, Cabup Sumenep di Pilkada 2024.
banner 120x600

SUMENEP, Suarademokrasi  | Luar biasa, nyali besar H. Suhartono. SH, yang gagal nyaleg anggota DPRD Sumenep Dapil 1 di Pemilu 2024 kemarin, kini dirinya muncul bakal maju sebagai Cabup Sumenep pada Pilkada 2024 mendatang.

Hal itu disampaikan oleh pengusaha muda pemilik Batik Canteng Koneng yaitu Didik Hariyanto. Melalui tulisannya bahwa pada bursa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Sumenep sudah dimulai. Sejumlah sosok sudah muncul digadang bakal maju. Pilkada tahun ini diperkirakan bakal dilaksanakan pada November 2024 mendatang, yang diperkirakan bakal berlangsung panas.

Menurutnya, Pilkada Sumenep tahun ini bakal berlangsung sengit melihat sejumlah sosok yang sudah muncul digadang bakal maju menjadi Calon Bupati, yang saat ini kursi Bupati Sumenep diisi oleh politisi dari PDI Perjuangan Achmad Fauzi Wongsojudo dari periode 2020-2024.

Baca Juga: Calon Kandidat Pilkada 2024 Kabupaten Subang H. Ruhimat Capai 30,9% Suara

Kini, sudah muncul sejumlah sosok yang digadang bakal maju Pilkada Sumenep 2024, yang salah satunya adalah H. Suhartono pengusaha yang akrab disapa H. Nono.

Meskipun sebelumnya H. Nono tidak lolos sebagai Caleg dari Partai Demokrat untuk Dapil 1 DPRD Kabupaten Sumenep, namun kini ia diprediksi akan turut serta dalam kontestasi politik di Pilkada itu untuk memimpin Sumenep mewujudkan perubahan yang lebih baik.

Maka dari itu, pengusaha Batik Canteng Koneng yang juga sebagai Ketua Umum Barisan Investigasi dan Informasi Keadilan (BIDIK), Didik Haryanto mengapresiasi atas nyali H. Nono yang akan ikut meramaikan kontestasi Pilkada Sumenep 2024. Meskipun sebelumnya mencalonkan diri sebagai anggota DPRD Dapil 1 Sumenep hanya meraih 2.937 suara, gagal mendapatkan kursi di parlemen.

“Untuk punya nyali saja tidak mudah apalagi sampai maju. H. Nono ini nyalinya luar biasa, walaupun nyaleg kemarin sudah kalah, tapi cukup punya power dia, power nyali. Ini saya apresiasi,” ujar Didik.

Baca Juga :  Mencari Malam Lailatul Qadar, Masjid Babussalam Menggelar I'tikaf 1443 H/2022 M

Menyikapi hal ini, Lukman, seorang tokoh pemuda di Sumenep, juga ikut memberikan apresiasi atas keberanian H. Nono untuk maju sebagai Calon Bupati Sumenep 2024. Lukman menekankan pentingnya pengenalan terhadap tokoh-tokoh potensial di tengah masyarakat, terutama yang memiliki keinginan untuk berkontribusi dalam kepemimpinan daerah.

“Dalam menghadapi Pilkada Sumenep yang akan datang, keberanian beliau (H. Nono) patut kita apresiasi. Banyak masyarakat yang belum mengenal prestasi beliau, namun dengan langkah ini, diharapkan masyarakat dapat mengenal lebih dekat dengan tokoh-tokoh yang berpotensi memimpin daerah,” ucap Lukman.

Lukman juga menyoroti kemungkinan petahana Achmad Fauzi Wongsojudo yang dipastikan akan kembali maju dalam kontestasi Pilkada Sumenep. Ia menggambarkan situasi tersebut dengan perumpamaan “cicak lawan buaya”, menandakan persaingan yang ketat dalam arena politik.

“Tokoh yang memiliki keinginan untuk maju sebagai Calon Bupati harus memanfaatkan waktu yang ada untuk membangun prestasi dan memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat. Semakin dikenal oleh masyarakat, semakin besar peluangnya untuk dipercaya sebagai pemimpin daerah,” tambah Lukman.