Berita  

Gema Takbir Idul Adha 1445 H: Perayaan Penuh Makna di Sumenep

Gema Takbir Idul Adha 1445 H: Perayaan Penuh Makna di Sumenep
Foto: Wakil Bupati Sumenep Dewi Khalifah.
banner 120x600

SUMENEP, Suarademokrasi – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Madura, Jawa Timur, melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah (Kabag Kesra Setda), menggelar acara Gema Takbir Idul Adha 1445 Hijriah/2024. Acara ini berlangsung meriah di Lapangan Kesenian Sumenep Gotong Royong, pada Minggu malam, 16 Juni 2024.

Acara ini dimulai dengan lantunan kumandang takbir dan lagu-lagu kerohanian yang dibawakan oleh pemandu acara, menciptakan suasana khusyuk dan sakral. Penampilan drumband dari siswa-siswi sekolah dasar (SD) turut menyemarakkan suasana, mengiringi kedatangan Wakil Bupati (Wabup) Sumenep, Dewi Khalifah.

Yang membuat nuansa malam takbir Idul Adha ini sakral, kegiatan ini diwarnai dengan pawai obor dan tarian Samman Kolosal yang dipersembahkan oleh Majelis Arrabbani Desa Matanair, Kecamatan Rubaru. Tarian ini berlangsung selama sekitar 30 menit, memukau para hadirin dengan gerakan yang penuh semangat dan keindahan.

Baca Juga: Bupati Achmad Fauzi Hadir Bersama Murid SD Memeriahkan Bulan Bung Karno

Pada acara tersebut, Wabup Dewi Khalifah juga berkesempatan menyantuni belasan anak yatim piatu, sebuah tindakan yang menggambarkan kepedulian sosial dan kebersamaan dalam merayakan Idul Adha.

Hadir dalam kesempatan tersebut jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompinda), Camat, para ulama, serta pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Kehadiran mereka menambah kesakralan dan kebersamaan dalam perayaan ini.

Dalam sambutannya, Wabup Dewi Khalifah menekankan pentingnya rasa syukur dan ketaatan dalam perayaan Idul Adha. “Kegiatan Gema Takbir Idul Adha ini merupakan ungkapan rasa syukur kita karena dipertemukan kembali di malam yang mustajabah ini,” ujarnya.

Beliau juga menyampaikan harapannya agar amal ibadah puasa Sunnah yang dilakukan masyarakat diterima oleh Allah SWT, serta doa agar mereka yang melaksanakan ibadah haji mendapatkan predikat haji yang mabrur.

Baca Juga :  YLPK YAPERMA Menyoroti Adanya Galian C Ilegal

Wabup Dewi Khalifah juga mengingatkan makna dari Idul Adha, yaitu ketaatan dan keikhlasan. “Ibadah kurban mengingatkan kita akan ketaatan Nabi Ibrahim AS kepada Allah SWT, serta mengajarkan kita untuk berkurban dengan penuh keikhlasan, tanpa pamrih, dan semata-mata untuk mencari ridho Allah SWT,” tandasnya.

Acara Gema Takbir Idul Adha di Sumenep tahun ini tidak hanya menjadi momen perayaan, tetapi juga refleksi spiritual yang mempererat kebersamaan dan kepedulian antar sesama. Semoga semangat ini terus terjaga dan membawa berkah bagi seluruh masyarakat Sumenep.